Gaya Hidup

6 Cara Ini Bisa Membuat Hidup Anda Lebih Sehat

oleh RETNO G. SAPTAWATY
Mengonsumsi sayuran sangat baik untuk kesehatan.

Gaya hidup (life style) seringkali memengaruhi kesehatan. Gaya hidup yang sehat, tentunya akan berdampak yang sehat pula pada kesehatan kita. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan secara benar. Nah, 6 cara dibawah ini bisa membantu Anda.

1. Makan perlahan

Makan atau mengunyah makanan secara perlahan, memberi waktu perut Anda mengirimkan sinyal ke otak bahwa perut sudah penuh (kenyang). Mengunyah makanan secara perlahan juga membuat rasa kenyang bertahan lama. Ini sangat baik bagi Anda yang berniat untuk mengurangi berat badan.

2. Gunakan karbohidrat komplek

Nasi dan pasta memang bisa menjadi sumber untuk energi ekstra. Tetapi, kedua makanan pokok itu merupakan contoh karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana bisa mempercepat naiknya kadar gula darah. Jadi, pilihlah karbohidrat komplek seperti beras merah atau pasta yang terbuat dari gandum utuh (whole wheat). Karbohidrat komplek memberi rasa kenyang lebih lama dan indek glikemiknya lebih rendah.

3. Makan makanan pedas sesekali

Makanlah makanan yang pedas sesekali, misalnya makanan yang mengandung cabai, merica, paprika atau jahe. Contohnya, cabai mengandung capsaicin yang menimbulkan rasa pedas dapat meningkatkan sistem metabolisme dan pencernaan Anda.  

4. Makan kacang-kacangan

Makan segenggam kacang-kacangan seperti kenari, pistachio, dan almond, baik untuk kesehatan karena mengandung antioksidan dan asam lemak omega-3. Pilihlah kacang-kacangan yang dipanggang bukan yang digoreng.

5. Makan dark chocolate

Anda yang suka cokelat, pilihlah cokelat yang dark chocolate karena cokelat jenis itu mengandung 70 persen cokelat murni. Cokelat baik untuk meningkatkan kerja otak dan meningkatkan sistem imun dan kerja jantung Anda.

6. Makan sayuran mentah

Sesekali makanlah sayuran mentah. Contohnya selada dan wortel yang dapat dimakan mentah sebagai salad. Bila Anda membuat salad, bila sudah memakai tomat, jangan ditambahkan dengan mentimun. Sebabnya, mentimun mengelurkan semacam ragi yang bisa merusak vitamin C dalam tomat. (Foto: Shutterstock).