Gaya Hidup

Ria Miranda Hadirkan Koleksi “Floternite” di Korea

oleh RISIA RUSWATI
Ria Miranda hadirkan koleksi "Floternite" di pagelaran busana Fashion Kode Fall/Winter 2017, Seoul, Korea Selatan.

TabloidKu - Ria Miranda akan menjadi perancang busana muslim pertama dari Indonesia yang akan tampil dalam Fashion Kode Fall/Winter 2017. Ini merupakan program tahunan hasil kerja sama bilateral dari Jakarta Fashion Week dan Indonesia Fashion Forward (IFF) Program.

Mendapat kesempatan untuk tampil dalam fashion show yang digelar pada 28—30 Maret 2017 di Prugio Valley, Seoul, Korea Selatan ini, Ria merasa senang sekali. Menurutnya, kesempatan ini akan membuka jalannya sebagai desainer lokal agar bisa dikenal di market internasional.

Pagelaran busana yang diselenggarakan oleh Korea Creative Content Agency ini, Ria menghadirkan koleksinya yang bertajuk “Floternite”. Melalui brand riamiranda Signature, Ria mengambil tema fashion tahun 1960—1970-an untuk 15 koleksinya.  

“Aku ambil tema itu karena untuk fall/winter. Kemudian bahan-bahannya pun lebih tebal dari biasanya, seperti suede, satin, double face, cotton. Sementara untuk warna, aku ambil mustard, cokelat, dan green. Warnanya memang lebih sedikit gelap dari koleksi riamiranda sebelumnya, yaitu pastel,” kata Ria Miranda kepada TabloidKu saat acara Wardah Fashion Journey di Hotel Atlet Century, Jakarta, pekan lalu.

Dalam desain “Floternite” ini, Ria menggabungkan antara gaya Korea dan budaya lokal Indonesia. Gaya Korea yang lebih young, cheerful, dan lebih seru akan di-mix dengan penggunaan pola batik kawung dari Indonesia. Ria juga terinspirasi dengan kelopak-kelopak bunga kecil, seperti bunga Achillea millefolium, yang dijadikan satu.

“Melalui koleksi ini, aku ingin menyampaikan kita sebagai wanita memiliki karakter lemah lembut, tetapi juga harus tegas dan mandiri dalam bertindak. Sedangkan, motif batik kawung diilhami dari buah kolang-kaling dari pohon aren. Ia memiliki filosofi pada pohon aren mulai dari atas sampai akar sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Tema besar koleksi riamiranda tahun ini lebih ke relationship, terkait dengan hubungan manusia. Selain itu, aku juga ingin batik kawung sebagai budaya local Indonesia bisa dikenal di sana,” lanjut wanita yang mendapatkan dua nominasi Influencer Asia 2017. (Foto: LIS/TabloidKu)