Kesehatan

5 Makan untuk Meningkatkan Sistem Imun Anda

oleh RETNO G. SAPTAWATY
Mengonsumsi sayuran bisa membantu menjaga kesehatan tubuh.

Pergantian cuaca dari musim hujan ke musim panas tengah terjadi. Perubahan cuaca menyebabkan orang mudah terkena flu.

Untuk mencegah penyakit flu, tentunya Anda harus memperkuat daya tahan tubuh (imun), bisa dengan minum suplemen atau vitamin. Menurut ahli nutrisi holistik, Andrea Moss dari Moss Wellness di New York, Amerika Serikat, ada 10 makanan yang bisa meningkatkan sistem imun kita. Sekitar lima diantaranya adalah…..

1. Bawang putih

Bawang putih memang mengeluarkan aroma yang kurang sedap dalam pernafasan. Meskipun demikian, bawang putih mengandung antiviral dan antibakteri alami. Ini karena bawang putih memiliki senyawa allicin dan dialil sulfida. Allicin adalah senyawa yang menimbulkan aroma khas bawang putih, yang memberikan efek antibakteri untuk meningkatkan imun kita.

Allicin hanya didapatkan dalam bentuk bawang putih segar atau masih mentah. Untuk mendapatkan allicin sebaiknya bawang putih ditumbuk atau dicincang halus dan segera dikonsumsi. Allicin akan hilang bila dibiarkan dalam suhu ruang selama beberapa menit atau saat dimasak.

Bawang putih segar lebih baik daripada bawang putih bubuk.

2.Yogurt

Mengonsumsi satu sendok makan yogurt di pagi hari bisa membantu Anda agar sistem daya tahan tubuh tetap kuat. Ini karena yogurt mengandung probiotik (bakteri baik) yang membantu meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Probiotik juga bisa mendukung kesehatan usus. Hampir 70-80 persen sistem imun kita ternyata ada dalam usus. Jadi, kalau sistem pencernaan, seperti usus, kita baik, daya tahan tubuh kita pun bisa jadi baik.

Nah, untuk mendapatkan hasil terbaik dari yogurt, jadikan satu sendok makan yogurt sebagai sarapan tambahan Anda setiap hari.

Yogurt sangat baik untuk kesehatan usus.

3. Kaldu tulang ayam

Sup ayam menjadi resep untuk penderita demam dan flu sejak zaman dulu, terutama kaldu dari tulang ayamnya. Kaldu tulang ayam sangat efektif untuk menjaga Anda dari hidrasi saat musim dingin atau saat sakit. Sebabnya, kaldu tulang ayam ini kaya dengan mineral, seperti magnesium, fosfor, dan sulfur. Kaldu tulang ayam juga mengandung asam amino, glisin, arginin, dan prolin, yang memiliki efek antiradang pada seluruh tubuh.

Nah, untuk menjaga imun tubuh kita, disarankan untuk mengonsumsi semangkuk kaldu tulang ayam 3 kali dalam seminggu.

Sup kaldu ayam sangat baik untuk mencegah flu.

  

4. Bayam

Bayam merupakan salah satu makanan yang termasuk superfood. Bayam mengandung asam folic yang membantu memperbaiki sel-sel tubuh. Bayam juga mengandung vitamin C, magnesium, dan potasium. Bahkan, vitamin C dalam bayam lebih tinggi dari jeruk. Megnesium dan potasium dalam bayam juga lebih tinggi dari pisang. Kedua senyawa tersebut berfungsi sebagai elektrolis yang menjadi tubuh tetap terhidrasi dengan baik, juga membantu meningkatkan keseimbangan energi.

Ahli holistik menyarankan untuk mengonsumsi semangkuk bayam 2-3 kali dalam seminggu.

Bayam bermanfaat untuk perbaikan sel-sel tubuh.

5. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang bermanfaat sebagai pelindung dan pendukung sistem imun tubuh. Brokoli termasuk sayuran cruciferous, yaitu sayuran yang rendah kalori tapi kaya dengan asam folat, vitamin C, E, dan K, serta tinggi serat. Jadi, brokoli bisa membantu detox tubuh secara alami dan mencegah sakit. Brokoli juga mengandung asam amino dan kolin yang membantu menjaga fungsi sel-sel dan kesehatan usus.    

Mengonsumsi semangkuk brokoli 2 kali dalam seminggu, dapat membantu menjaga kesehatan sistem imun Anda.

Brokoli termasuk sebagai superfood.

Yuk, mulai mengonsumsi makanan yang bisa membantu meningkatkan sistem imun kita mulai dari sekarang. (Foto: Shutterstock).