Relasi

Terlalu Banyak Bertengkar dengan Pasangan?

oleh RISIA RUSWATI
Berargumen dengan pasangan adalah hal yang wajar. Yang tidak wajar ketika Anda dan pasangan bertengkar, lalu salah satunya melakukan kekerasan verbal. Itu tandanya hubungan Anda dan pasangan sudah tidak sehat.

 

TabloidKu - Dalam sebuah hubungan, pasti ada kalanya Anda dan pasangan bertengkar. Bisa saja pertengkaran terjadi karena hal-hal sepele. Namun, mungkinkah Anda pernah merasa, pertengkaran yang sering terjadi ini baik untuk suatu hubungan?

Seorang psikolog dari Manhattan, Amerika Serikat, Joseph Cilona, Psy.D., mengatakan bahwa pertengkaran seperti beradu argumen atau mengungkapkan ketidaksetujuan dengan pasangan merupakan hal yang normal. Bahkan, beberapa pasangan bisa bertengkar lebih banyak dari pasangan lainnya.

Psikolog klinis Ramani Durvasula, Ph.D. juga menyatakan bahwa pertengkaran yang terjadi menandakan pasangan Anda masih peduli pada Anda. “Pertengkaran ini artinya Anda masih peduli dengan hubungan yang mengikat Anda dan pasangan,” tambah Durvasula.

Menurut Durvasula, kuncinya adalah bagaimana cara Anda mengungkapkan argumen Anda pada pasangan. “Berargumenlah dengan sopan dan hindari ‘menyerang’ pasangan. Jika Anda sudah memulai ‘menyerang’ pasangan dengan melakukan kekerasan verbal, artinya hubungan Anda dan pasangan sudah tidak sehat,” jelas Durvasula.

Apalagi jika salah satu pasangan sudah membawa-bawa masalah yang terjadi di masa lalu dan bertengkar karena hal yang sama tanpa ada perbaikan. “Jika salah satu dari Anda sudah merasa kecewa, bingung, tidak nyaman, takut, atau perasaan tidak enak lainnya ketika Anda dan pasangan bertengkar, hal inilah yang perlu diperhatikan,” tambah Cilona.

Jika sudah begitu, Anda dan pasangan pun perlu bantuan seorang profesional untuk membantu memperbaiki hubungan. (Foto: Shutterstock)