Tips

4 Trik Membersihkan Rumah dari Bahan Tak Terduga

oleh KATRI PRAMESWARI
Semprotan air jeruk.

Membersihkan rumah dengan cairan pembersih yang ada di rumah, itu sudah biasa. Coba bersihkan rumah dengan bahan yang ternyata tidak diduga memiliki kemampuan membersihkan perabotan di rumah. Apa sajakah itu?

1. Bersihkan kerak shower dengan cuka

Kantung air cuka.

Bahan yang dibutuhkan hanya plastik kilo-an, karet, dan air cuka. Buatlah campuran air cuka, masukkan dalam plastik, lalu rendam shower yang kotor dalam plastic, ikat dengan karet. Diamkan beberapa saat. Setelah itu buka plastik dan kerak akan mudah terlepas.

2. Kilap meja berkat semprotan jeruk

Jangan buang kulit jeruk yang Anda konsumsi. Buatlah cairan jeruk dengan merendam kupasan kulit jeruk. Campur saja berbagai kulit yang ada pada sebuah botol penyemprot. Air jeruk ini bisa membesihkan permukaan meja. Meja akan terlihat bersih dan aromanya segar!

3. Scrub pembersih dari lemon

Scrub dari lemon.

Dengan potongan lemon yang diberi taburan garam, Anda bisa dengan mudah membersihkan talenan kayu. Campuran lemon dan garam ini akan memudahkan Anda mengangkat kotoran yang tersisa atau menyangkut di lapisan talenan kayu. Kandungan yang ada di lemon juga berfungsi sebagai anti bakteri. Anda juga mengganti potongan lemon dengan jeruk nipis.

4. Kantung Rempah pewangi cucian piring

Kantung rempah sebagai pewangi

Jika Anda menggunakan wadah penampung sampah di saluran air pada bak cuci piring, terkadang walaupun Anda sudah membuang semua kotorannya yang ada di dalam, bau tak sedapnya masih tak kunjung hilang. Salah satu solusi untuk masalah tersebut adalah dengan kantung rempah. Anda bisa memasukkan rosemary, cengkeh atau bahkan biji kopi ke dalam kantung kain atau jala. Lalu, taruh saja kantung rempah tersebut ke dalam wadah penampungan sampah ini. Kantong rempah ini dipercaya bisa membuat bak cucian Anda menjadi wangi dan anti bakteri.

Selamat bersih-bersih! (Foto: PopSugar, BuzzFeed)